Feb'16 mg-1 PENYERTAAN TUHAN DI TAHUN PEMBEBASAN SEUTUHNYA

Berkatalah Musa kepada-Nya: "Jika Engkau sendiri tidak membimbing kami, janganlah suruh kami berangkat dari sini. Dari manakah gerangan akan diketahui, bahwa aku telah mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, yakni aku dengan umat-Mu ini? Bukankah karena Engkau berjalan bersama-sama dengan kami, sehingga kami, aku dengan umat-Mu ini, dibedakan dari segala bangsa yang ada di muka bumi ini?" (Keluaran 33:15-16)

Memasuki tahun 2016, Tahun Pembebasan Seutuhnya, TUHAN menuntun kita salah satunya melalui ayat yang kita baca diatas. Tahun ini memang akan menjadi tahun yang sangat luar biasa sebab janji TUHAN melalui Gembala Jemaat Induk kita bahwa tahun inilah kita akan melihat penuaian jiwa besar-besaran dimana penuaian terjadi ditengah goncangan-goncangan yang dahsyat. Seperti apa persisnya goncangan itu? Apa yang akan terjadi kedepan? Mungkin sebagian dari kita ada yang mengalami kebingungan atau ketidakpastian. Itulah sebabnya penting sekali bagi kita untuk senantiasa meminta penyertaan TUHAN dalam hidup ini.

Ada 2 hal yang dapat kita teladani dari MUSA melalui permintaannya yang disampaikan kepada TUHAN dalam Keluaran 33:15-16

1. Musa Tahu Betapa Pentingnya Penyertaan TUHAN.

Beberapa faktor mengapa penyertaan TUHAN begitu pentingnya bagi MUSA adalah :

  1. TUHAN-lah yang menetapkan Tujuan yang akan dicapai dalam perjalanan ini bukan Musa.
  2. Jalan yang harus ditempuh oleh Musa.
  3. Orang-orang Israel yang harus dipimpin oleh Musa, merupakan bangsa yang suka bersungut-sungut dan tegar tengkuk.
  4. Rintangan dan hambatan dari musuh-musuh yang menghadang.

Bagaimana dengan hidup kita, coba kita periksa keadaan kita:

  1. Apa yang menjadi tujuan hidup anda? Rumah Tangga anda? Dan bisnis/pekerjaan Anda? Apakah tujuan itu anda tetapkan berdasarkan kemauan sendiri atau anda dapat dari TUHAN melalui doa?
  2. Sudahkah Anda memperhitungkan bagaimana jalan yang akan Anda tempuh dalam menggapai tujuan Anda? Jalan yang lurus dan lancarkah? Atau berliku dan berbatu-batu?
  3. Siapakah yang bersama Anda dalam menggapai tujuan itu? Rekan bisnis? Staf kantor? Pegawai? Apakah mereka dengan mudah dan taat selalu mengikuti Anda?
  4. Bagaimana dengan mereka yang berseberangan dengan Anda, misalnya saingan bisnis atau orang yang membenci anda dan berusaha mati-matian untuk menjatuhkan Anda?

Kalau Anda menjawab empat pertanyaan tersebut dengan jujur dan apa adanya, yakinlah Anda akan menyadari betapa pentingnya penyertaan TUHAN dalam hidup Anda!

Penyertaan TUHAN buat Musa berarti bukti nyata kasih karunia TUHAN atas Musa dan Umat TUHAN serta bukti pembedaan atas bangsa-bangsa lain. Penyertaan TUHAN dalam hidup kita adalah bukti kasih karunia-NYA dalam hidup kita, dan dengan penyertaan TUHAN, kita akan tampil beda, seperti halnya juga yang terjadi pada YUSUF!

Kejadian 39:2,21 “Tetapi TUHAN menyertai Yusuf, sehingga ia menjadi seorang yang selalu berhasil dalam pekerjaannya; maka tinggallah ia di rumah tuannya, orang Mesir itu.

Tetapi TUHAN menyertai Yusuf dan melimpahkan kasih setia-Nya kepadanya, dan membuat Yusuf kesayangan bagi kepala penjara itu.”

Sudahkah Anda meminta penyertaan TUHAN YESUS setiap hari?

2. Musa Memutuskan Untuk Mengikut Pimpinan TUHAN.

Dengan meminta penyertaan TUHAN berarti Musa memutuskan untuk mengikut pimpinan TUHAN. Musa sepenuhnya mengandalkan dan bergantung kepada TUHAN.

Banyak dari kita yang dalam kehidupan ini, berjalan dengan kekuatan kita. terkadang kita merasakan kita mampu dalam mengatasi segala masalah kehidupan. Apalagi ketika kehidupan ini berjalan seperti biasa saja, sepertinya dalam keadaan normal. Padahal kita tidak tahu apa yang akan terjadi di hari esok, masalah apa yang akan timbul esok hari.

Yakobus 4:13-15

“jadi sekarang, hai kamu yang berkata: "Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung",sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap. Sebenarnya kamu harus berkata: "Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu."

Mari kita putuskan untuk mengikut pimpinan  TUHAN sebab TUHAN tahu tentang Anda dan kehidupan Anda, Dia tahu apa yang akan terjadi di hari esok. Dia tahu bahwa Anda tidak akan pernah mampu untuk berjuang sendirian. Oleh sebab itu, jika Anda maumempercayaiNya, mau berjalan bersama denganNya, Dia akan berjalan mendahului Anda. Supaya ketika Anda berjalan menempuhnya, Anda tidak pernah mendapatkan halangan yang berat di dalam hidup Anda.

Filipi 4:13 “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.”

Lagu : "Bila Engkau tak besertaku....ku tak mau berjalan..."

Bila Engkau Tak Besertaku

Ku Tak Mau Berjalan

Kuperlu Tuhan Pimpin Langkahku

Dengan kasih Karunia-Mu

Pimpin Langkahku Setiap Waktu

Berjalan Dalam Roh-Mu

Nyatakan Tuhan Kemuliaan-Mu

Dan Berjalanlah Denganku