Jun'16 mg-3 UJILAH SETIAP ROH

1 Yohanes 4:1-6

Begitu banyak yang sedang terjadi di dalam dunia kekristenan beberapa waktu ini. Issue-issue seperti LGBT, pengajaran sesat, hypergrace, Hamba TUHAN cerai/berselingkuh dan lain sebagainya, sepertinya tidak pernah berakhir terjadi. Belum lagi hal-hal yang terjadi di kehidupan sehari-hari seperti merebaknya pemerkosaan, pembunuhan, terorisme dan entah apalagi yang akan muncul nanti.  Melihat fakta-fakta ini sangat mudah untuk kita menjadi takut, "galau" dan pesimistis. Namun satu hal yang kita pegang dan kita percaya: kalau TUHAN dipihak kita, siapa yang sanggup jadi lawan kita?  Seperti Daud yang tahu bahwa kekuatan sorgawi berada bersama dengan dia ketika ia menghadapi Goliat, demikian jugalah hendaknya iman kita saat berhadapan dengan goliat-goliat dalam kehidupan kita.  Dibalik itu semua kita juga harus sadar bahwa ada roh-roh yang menyebabkan kekacauan tersebut dan di akhir zaman mereka akan semakin menjadi-jadi.  Itulah sebabnya anak-anak TUHAN, yaitu saudara dan saya, harus bangkit menjadi prajurit-prajurit Allah yang menahan dan menghentikan tipu daya dan pekerjaan roh-roh antek-antek Iblis tersebut.  Bagaimana caranya? Langkah pertama: lakukan pengujian.

Berdasarkan teks yang kita baca hari ini, maka ada 3 (tiga) hal yang harus kita perhatikan:

1. Tidak semua yang "rohani" adalah benar dan dapat dipercaya;  harus diuji.

1 Yohanes 4:1 berkata, "Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia." Para Hamba TUHAN yang telah melayani lama sekalipun, ketika mendapat suatu pesan rohani akan selalu meminta sesama rekan sepelayanan untuk "menguji" apa yang ia dapatkan: apakah akurat, benar dari Roh Kudus atau mungkin dari pemikirannya sendiri?  Ketika seorang "pelayan" tidak mau diuji perkataannya, maka kita harus bersikap hati-hati terhadap apa yang hendak ia sampaikan.  Demikian juga halnya dengan kita: siap diuji.

Di dalam COOL kita mungkin sering kedatangan tamu, entah dia sudah orang percaya atau belum.  Di dalam diskusi kita tidak membatasi siapapun untuk menyatakan pendapat dan pandangan.  Dari situlah kita mengetahui sampai sejauh mana seseorang memahami atau tidak memahami pembahasan kita.  Namun berhati-hatilah kita seseorang mengklaim dirinya "lebih tinggi" atau "lebih tahu" daripada anggota lainnya, semata-mata karena jabatan pelayanan atau title akademiknya sepertinya menempatkan dia lebih rohani dari anggota yang lainnya.  Ujilah apakah perkataannya benar atau tidak, berdasarkan Firman TUHAN.

2. Tanda mutlak bahwa sesuatu adalah dari Roh Allah: percaya bahwa Yesus Kristus adalah TUHAN.

1 Yohanes 4:2-3 menegaskan bahwa, "Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah, dan setiap roh yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah.  Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia." Rev. Lawrence Khong (Singapore) pernah mengajar, apabila seorang Pengajar atau Hamba TUHAN atau mengaku Nabi sekalipun tidak bisa berkata-kata dari mulutnya bahwa Yesus Kristus adalah TUHAN yang datang sebagai manusia dan mengakui Ia sebagai TUHAN dan Juruselamat, maka apa yang orang itu ajarkan adalah palsu/sesat dan bukan dari TUHAN. Pembicaraan mereka adalah dari dunia (bacalah 1 Yohanes 4:5) dan bertujuan untuk menyenangkan "dunia" dan bukan menegakkan kebenaran dari Allah.  Dunia hari ini memang lebih memiliih mendengar hal-hal yang menyenangkan diri dan bukan apa yang menyenangkan TUHAN (1 Yohanes 4:6).

Para Gembala COOL, kita pun jangan menjadi sama dengan para pengajar "dunia".  Firman TUHAN-lah yang harus menjadi dasar pembahasan kita di COOL.  Firman TUHAN dan Hadirat ROH KUDUS-lah yang harus menjadi dasar kekuatan dan penghiburan kita.  Jika kita memotivasi anggota COOL dengan cara-cara seperti yang digunakan dunia (yang enak-enak saja yang didengarkan) maka kita tidak ada bedanya dengan para pengajar dunia tersebut.  Firman TUHAN memang kadang terdengar keras, tetapi pasti mendatangkan hasil dan berkat yang luarbiasa. Amin!

3. Respons kita terhadap roh yang bukan berasal dari Allah: berani dan hadapi dengan tegas!

1 Yohanes 4:4 berkata, "Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia." Karya Kristus di atas kayu salib telah mengalahkan kuasa iblis.  Pencurahan ROH KUDUS atas kita yang percaya pada-Nya adalah jauh lebih besar dan berkuasa dari pada semua roh yang ada di dalam dunia, yaitu yang berasal dari iblis.  Jangan kita takut dan gentar, tetapi hadapilah dan berdirilah teguh diatas dasar iman yang kita yang telah kita dapat dari Kristus sendiri! Gembala-gembala COOL, ajar dan lindungilah anggota-anggota COOL-mu dari penyesatan yang sedang melanda dunia, agar ketika Sang Raja Agung itu tiba, kita bisa berdiri dihadapan-Nya sebagai umat yang layak. Amin!